Minggu, 20 April 2008


SEKILAS BLOG

Popolaritas weblog atau blog semakin menjadi-jadi pada beberapa tahun terakhir ini. Meskipun pernah dinyatakan sebagai tren yang hanya akan bertahan sesaat oleh salah satu pakar multimedia di Indonesia pada tahun 2005, namun kenyataan membuktikan sebaliknya. Bukan hanya para internet mania saja yang tergila-gila dengan fasilitas dan kemampuan blog, tetapi juga professor, dokter, pengusaha, jurnalis, sampai dengan anak-anak usia sekolah menganggap media blog sebagai salah satu kebutuhan saat ini. Bahkan beberapa diantaranya merasakan perasaan aneh dan janggal apabila dalam satu hari tidak melihat blog miliknya. Perasaan ketagihan tersebut akan menjadi konstruktif apabila blog dapat menjadi media penyaluran yang positif.

Berdasarkan data dari Technorati dari Maret 2003 sampai dengan Maret 2007, tercatat terdapat 70 juta blog dan setiap harinya tercipta 120.000 blog, atau 1,4 blog baru setiap detik. Selain itu 1,5 juta artikel ditulis setiap harinya, atau 17 artikel setiap detiknya. Padahal sampai dengan periode Januari 2006, jumlah blog yang tercatat oleh Technorati masih sekitar 26,6 juta buah. Sedangkan sampai dengan April 2006, jumlah blog yang tercatat berkisar 34,5 juta buah. Data ini menunjukkan terjadinya lonjakan besar pengguna blog internet dalam setahun.

Banyaknya jumlah pemilik blog tanpa mengenal batasan usia dan profesi ini salah satunya disebabkan oleh semakin banyaknya jumlah penyedia layanan blog di internet dengan berbagai fasilitasnya. Selain biaya akses internet yang mulai terjangkau dan coverage internet yang semakin meluas. Saat ini banyak penyedia layanan blog yang menyediakan keanggotaan secara gratis dan umumnya dengan operasional yang cukup mudah. Pengguna tidak perlu membuat website sendiri karena semuanya telah disediakan oleh penyedia layanan. Berbagai contoh desain dapat dipilih sesuai dengan keinginan.

Apabila seseorang pengguna ingin menulis di dalam blog, telah disediakan fasilitas yang umumnya cukup mudah digunakan berbasis grafis. Bahkan jika diperlukan pengguna dapat menambahkan foto ataupun alamat internet lainnya di dalam catatan yang dibuat. Aktivitas tersebut dapat dilakukan tanpa harus mengetahui bahasa programan apapun. Semua pengguna yang tidak paham pemprograman internet sekalipin dapat dengan mudah memanfaatkan layanan ini.

Peneyebab lainnya adalah kemampuan blog dalam menjembatani komunikasi antara pemilik dan pengunjung. Pengunjung blog dapat memberikan komentar balik, sanggahan ataupun catatan tambahan di dalam artikel yang ditulis oleh pemiliknya. Semakin banyak komentar dari pengunjung, blog tersebut akan semakin popular. Hal ini menciptakan sensasi tersendiri bagi pemiliknya maupun pengunjung yang memberikan catatan ke dalam blog tersebut. Bahkan sering kali komunikasi ini dapat menghasilkan hubungan pertemanan diantara keduanya meskipun belum pernah bertemu secara nyata.

Tidak ada komentar: